Rabu, 02 Februari 2011

Membuat Wi-Fi Hotspot dengan Laptop kamu sendiri

Wi-Fi yang sering sekali kita dengar merupakan singkatan dari Wireless Fidelity, yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

Kamu semua pasti pernah melakukan Hotspot kan? nah, sekarang kamu gag perlu jauh-jauh untuk pergi ke mall, atau kafe yang menyediakan fasilitas Hotspot tersebut. Kamu sekarang bisa buat sendiri dirumahmu hanya dengan modal ISP (Internet Service Provider) kamu dan tanpa perlu pusing mengatur IP (Internet Protocol) dari internet kamu.

Nah, sekarang saya mau sedikit bagi-bagi pengetahuan nihh .. hmm .. bisa dibilang ini tutorial. tapi bagi kamu yang ingin mencoba silahkan saja dicoba.

Saya menggunakan software Virtual Manager Router, software ini lumayan keren. tanpa setting apapun kita udah bisa membagi jaringan internet kita via Wi-Fi. hmm .. langsung aja dehh :D langkah-langkahnya :

1. Download dan Install Virtual Manager Rooter 0.9 Beta di http://virtualrouter.codeplex.com/
2. Jalankan aplikasi tersebut
3. Isi Name (SSID) dan passwordnya sesuai yang kamu inginkan.
4. Pilih Shared Connection dengan Wireless Connection 2.
5. Kemudian Klik Start Virtual Rooter.

Tampilan seperti pada gambar di bawah ini :



Sekarang kamu sudah bisa internetan bareng dirumah tanpa perlu capek-capek pergi ke cafe yang menyediakan fasilitas hotspot. Cukup menjalankan aplikasi Wi-Fi saja, maka teman kamu atau siapapun dapat intenetan juga. Tapi syaratnya ya, laptop yang akan diaktifkan virtual wi-finya memang harus punya koneksi internet semacam Speedy, Telkomsel flash, atau Flexinet.

Semoga bermanfaat.

( Sumber Tulisan : http://davidgrackers.blogspot.com )

0 komentar:

Posting Komentar